Masjid di suatu perguruan tinggi bisa diartikan mempunyai peran strategis dalam membangun dan membentuk karakter mahasiswa muslim di kampus tersebut. Seperti halnya dengan keberadaan masjid kampus yang dimiliki oleh Universitas Diponegoro. Sebuah masjid kampus yang sering kita sebut MASKAM UNDIP.

Masjid Kampus Universitas Diponegoro ini berada di kompleks kampus Tembalang, Semarang. Adapun peletakan batu pertama pembangunan masjid ini dilaksanakan pada akhir tahun 2004, dimana bisa dimaknai pada tahun tersebut menjadi momentum lahirnya orde reformasi yang cukup monumental dalam sejarah perjalanan Universitas Diponegoro. Selanjutnya, masjid ini diresmikan pada hari Jumat 17 Dzulhijjah 1430 H atau bertepatan dengan tanggal 4 Desember 2009 oleh Rektor Undip saat itu Prof. Dr. dr. Susilo Wibowo MS. Med, Sp. And.

Masjid kampus ini sekilas memiliki desain arsitektur yang cukup unik dengan mencampurkan desain interior masa lampau dengan paduan masa kini. Atapnya berbentuk seperti bangunan-bangunan lama jawa tengah dengan paduan dinding gaya modern.

Adapun arsitek masjid ini adalah Prof. Ir. Totok Roesmanto M. Eng, pria kelahiran Magelang 5 Mei 1952. Dengan riwayat pendidikan lulusan S1 Jurusan Arsitektur Universitas Diponegoro Semarang Tahun 1979 dan S2 Jurusan Sejarah dan Teori Arsitektur Toyohashi University of Technology Jepang.

Pengelolaan kegiatan di Masjid Kampus saat ini dilaksanakan oleh mahasiswa undip yang tergabung dalam sebuah organisasi bernama Al Fatih. Penamaan Al Fatih sebagai organisasi remaja masjid kampus undip dicetuskan pada tahun 2016. Al Fatih bertujuan menghidupkan masjid dengan menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan mahasiswa undip. Dengan tagline “nyaman bersama maskam”, Al Fatih bertekad meningkatkan kenyamanan dan mendayagunakan potensi maskam undip untuk para pengunjung. Adapun beberapa program rutin yang diadakan setiap pekan antara lain wisata ruhani, wisata ilmu, dan wisata quran.

Demikian informasi singkat perihal Masjid Kampus Universitas Diponegoro semoga bisa menambah wawasan seputar masjid kampus. Untuk kedepannya semoga keberadaan Masjid Kampus Universitas Diponegoro mampu memberikan manfaat seluas-luasnya bagi para civitas akademika serta masyarakat umum.

 

Cetak Artikel/Halaman