Notulensi Wisata Ilmi: Hubungan islam & Keilmuan

Notulensi Wisata Ilmi: Hubungan islam & Keilmuan
Rabu, 4 April 2018
Oleh : Dr. Ali Khumaeni ( Dosen Fsm Undip)

“Mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap Muslim.” (HR. Ibnu Majah).

Mengapa wajib? Karena dengan ilmu kita bisa mengetahui bahwa yang wajib adalah wajib, yang sunnah adalah sunnah, yang haram adalah haram. Tidah hanya itu, selain mengetahui hukum tiap perbuatan, seseorang dapat menunaikan tugas-tugasnya sebagai hamba Allah dengan sebaik-baiknya, karena didasari ilmu.

Kata Ilmu dalam berbagai bentuknya di dalam al-Quran terulang berkali-kali, kata ini digunakan dalam proses pencapaian pengetahuan dan kejelasan tentang sesuatu di dalam al-Quran. Ilmu ini lah yang menjadi landasan iman, juga ilmu yang menjadi landasan amal.

Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah (wafat th. 751 H) rahimahullaah menyebutkan lebih dari seratus keutamaan ilmu syar’i. Namun berikut adalah beberapa diantaranya:
1. Kesaksian Allah Ta’ala Kepada Orang-Orang Yang Berilmu.
2. Orang Yang Berilmu Akan Allah Angkat Derajatnya.
3. Orang Yang Berilmu Adalah Orang-Orang Yang Takut Kepada Allah.
4. Faham Dalam Masalah Agama Termasuk Tanda-Tanda Kebaikan.
5. Ilmu Adalah Nikmat Yang Paling Agung.

Adapun sumber ilmu :
1. Ayat Qauliyah adalah ayat-ayat yang difirmankan oleh Allah, di dalam Al-Qur’an. Ayat-ayat ini menyentuh berbagai aspek, termasuk tentang cara mengenal Allah.
2. Ayat Kauniyah adalah ayat atau tanda yang wujud di sekeliling yang diciptakan oleh Allah. Ayat-ayat ini adalah dalam bentuk benda, kejadian, peristiwa dan sebagainya yang ada di dalam alam ini. . “Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju syurga” (HR.Tirmidzi) .

Semangat menuntut ilmu, para pejuang ilmu!

Cetak Artikel/Halaman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *