Notulensi Kajian Wisata Qur’an : Ketika Isrofil Meniup Sangkakala (part 1)

[NOTULENSI KAJIAN]
.
WISATA QUR’AN
“Ketika Isrofil Meniup Sangkakala”
Pemateri : Ust. Rusmanto
“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. dan Sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, Maka sungguh ia telah beruntung. kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan”. (QS. Ali Imran 3: 185)
.
Iman kepada hari akhir adalah rukun iman ke 5 yang wajib kita yakini. Memperkuat iman kepada hari kiamat akan membuat kita semakin berhati-hati dan mengerjakan amal shaleh untuk bekal di akhirat. Hari kiamat pasti terjadi, hanya Allah yang mengetahui waktu terjadinya dan sudah ditentukan kapan terjadinya oleh Allah SWT.
Dalam QS Al-Qariah, Allah menjelaskan tentang dahsyatnya gambaran hari kiamat. Pesan dari surat Al-Qariah memperingatkan kita untuk menyakini hari kiamat agar berhati-hati dan menyiapkan diri untuk hari akhir. Jika Allah menjelaskan seluruh gambaran hari kiamat akal manusia tidak akan mampu menerima nya, sehingga dalam surat Al-Qariah menjelaskan gambaran hari kiamat menyuruh manusia untuk menyakini hari kiamat.
.
Gambaran dahsyatnya hari kiamat dalam QS Al-Qariah:
Al-Qari’ah yang mengguncang manusia karena dahsyatnya serta memekakkan telinga mereka dengan suaranya yang menggelegar adalah hari Kiamat. Hari di mana ketakutan besar terjadi dan benda-benda yang di atas bercampur dengan benda-benda di bawah. Musuh-musuh Allah dibuat takut oleh siksaan Allah dan kehinaan.
.
Pada hari itu manusia berada dalam kebingungan bagai serangga yang berpencaran mengerumuni api. Buruknya, yang beterbangan itu adalah gunung-gunung nan kokoh kuat, yang selama ini menjadi simbol kekokohan, ia bagai bulu yang diterbangkan. Adapun kondisi manusia pada saat itu, siapa yang berat timbangan kebaikannya dan banyak keikhlasannya, pada hari itu ia berada dalam kehidupan penuh ridha. Ia berada dalam ketenangan dan kedamaian jiwa karena mendapat keridhaan-Nya.
.
Sedangkan orang yang ringan timbangan amal kebaikannya dan senantiasa mengikuti kebatilan serta jauh dari kebenaran, maka tempat singgahnya adalah api yang menyala,yang juga menjerumuskan penghuninya dalam siksaan yang amat pedih.
.
Keyakinan akan Hari Kiamat memiliki pengaruh besar bagi perilaku manusia. Mereka yang meyakini akan adanya hari Kiamat dan kehidupan setelah mati, senantiasa berhati-hati dalam bertindak karena ia mengetahui bahwa setiap perilakunya di dunia pasti dimintai pertanggung jawaban di akhirat kelak. Sejatinya seluruh perbuatan manusia terjaga dan nanti di akhirat amal tersebut akan menemani tuannya. Pastinya mereka yang meyakini akan adanya Hari Kiamat senantiasa berusaha memperbaiki perbuatannya. Serta akan berhati-hati dalam setiap perbuatan.

Mudah-mudahan kita termasuk Hamba Allah yang senantiasa berhati-hati dalam berperilaku, dan mudah-mudahan Allah memelihara kita dari dahsyatnya api Neraka.
Semoga Bermanfaat.
———————————————————-
IG/Line : @maskamundip
FB : Masjid Kampus Undip

#NotulensiKajian
#WisataQuran
#AlFatihGen3
#MaskamUndip

Masjid Kampus Undip
*Nyaman Bersama Maskam*

Cetak Artikel/Halaman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *