Notulensi Kajian Wisata Ilmu : Loe Jual, Gue beli, Kita COD

[NOTULENSI KAJIAN]
“WISATA ILMI”
Materi : Loe Jual, Gue beli, Kita COD
Pemateri : Ariza Fuadi, S.H.I., M.A.
.
“Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa’at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim“. (Q.S. Al-Baqarah 254)

Al Quran di atas sudah sangat jelas dan gamblang meminta kepada manusia untuk bekerja mencari sumber penghidupan yang sudah disediakan oleh Allah. Dan dalam mencari sumber rejeki, haruslah dengan jalan yang halal karena mencari rezeki halal adalah wajib hukumnya.
Selain itu, segala bentuk bisnis harus di perhatikan cara mendapatkan dan memberdayakan harta tersebut agar selalu halal dan menolak hal-hal yang bersifat haram.

PRINSIP DASAR DALAM BISNIS SYARI’AH

1.Tauhid/Kesatuan
Bisnis yang mengantarkan manusia pada pengakuan akan keesaan Allah selaku Tuhan semesta alam yang dimana, aktifitas dalam ber muamalah dan bisnis manusia mengikuti aturan-aturan yang ada,jangan sampai menyalahi batasan-batasan yang telah diberikan.

Contoh : Pemilik Usaha yang memiliki banyak karyawan, yang menetapkan peraturah bahwasannya diharuskan sholat berjama’ah untuk para karyawannya.

2.Keseimbangan atau kesejajaran (Equilibrium)
Merupakan konsep yang menunjukkan adanya keadilan sosial. Tidak curang dan berlaku dzalim dalam berbisnis. Karena dapat merusak bisnis yang memberikan dampak buruk terhadap bisnis.

3.Kehendak bebas (Free Will)
Yakni manusia mempunyai suatu potensi dalam menentukan pilihan-pilihan yang beragam, karena kebebasan manusia tidak dibatasi. Tetapi dalam kehendak bebas yang diberikan Allah kepada manusia haruslah sejalan dengan prinsip dasar diciptakannya manusia yaitu sebagai khalifah di bumi.

Contoh : Dalam keuntungan berbisnis, kiranya mempunyai jatah untuk di sedekahkan.

4.Tanggung Jawab (Responsibility)
Terkait erat dengan tanggung jawab manusia atas segala aktifitas yang dilakukan kepada Tuhan dan juga tanggung jawab kepada manusia sebagai masyarakat. Apa-apa yang telah kita perjual-belikan, dan kita bisniskan. Kemana hasilnya mengalir,dan darimana di alirkan. Itu semua akan mendapat pertanggung jawaban dari Allah.

Ciri Utama Harta yang Berkah :

1.Menambah ketakwaan
2.Memberikan Rasa aman
3.Menghantarkan pada amal shalih
4.Mendorong untuk bersyukur

“Bukan mimpimu yang harus mengecil,tapi kemampuan dan keberanian mu yang harus membesar!

Semoga Bermanfaat!

—————————————————-
Line : @maskamundip
FB : Masjid Kampus Undip
Ig : Maskam Undip
YouTube : Maskam Undip Channel

#NotulensiKajian
#WisataIlmi
#AlFatihGen3
#MaskamUndip

Masjid Kampus Undip
*Nyaman Bersama Maskam*

Cetak Artikel/Halaman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *